Nihon-go o benkyoushimashyo!

Sepekan ini saya dan teman – teman satu blok sedang libur kuliah. Biasanya kami libur satu pekan sebelum masuk ke mata kuliah blok berikutnya. Sebenarnya saya diajak touring ke Pacitan, ingin ikut, tapi saya ngga diijinin Ibu. Huhuu…. πŸ™ Tapi, saya dapat kegiatan lain selama liburan yaitu belajar bahasa Jepang langsung dengan native-nya. Sudah lama saya kepingin ngobrol langsung dengan native Jepang, alhamdulillah pekan ini kesampaian.

Beberapa mahasiswa dan mahasiswi plus dosen dari Aichi Prefectural University berkunjung ke UGM dalam rangka kerjasama ilmiah. Nah, salah satu agendanya adalah ngajar bahasa Jepang ke mahasiswa/ mahasiswi UGM. Acara ini berlangsung selama 2 pekan. Tapi, saya cuma bisa ikut di pekan ke-2, sebab pekan pertama masih repot blok plus mau ujian kuliah Pengelolaan Lingkungan (PL).

Native pertama yang saya kenal adalah Sae-san. Doi agak pendiam (mungkin karena baru kenal, ya? πŸ˜› ), tapi nggak tau kenapa saya merasa lebih nyaman ngobrol dengan Sae-san. πŸ˜€ Ada native lain juga, yaitu: Ikumi-san, Yurina-san, Toru-san, Eriko-san, Niki-san, dan kawan – kawan. Dosen di kelas kami adalah Miyatani-sensei. Beliau sangat ramah dan suka melucu, cara ngajarnya asyik!

"After Class" (Saya, Sae, Dian)

Di pekan ke-2 ini kami belajar antara lain tentang “Mainichi ni seikatsu/ My daily life” dan “Meeru wo kaku/ Menulis email (dalam bahasa Jepang)”.

Ini yang sempat saya pelajari bareng Sae-san:

Watashi no sukejuuru / Jadwal saya

Kayoubi, 2012 nen 9 gatsu 11 nichi / Selasa, tanggal 11-9-2012
5 ji ni okimashita, sorekara inorimashita / Jam 5 bangun lalu sholat subuh
5 ji han ni rajio o kikimashita/ Jam 5.30 dengerin radio
6 ji ni shawa o abimashita, ha wo migakimashita / Jam 6 mandi, gosok gigi
6 ji han ni gohan o tabemashita/ Jam 6.30 sarapan nasi
7 ji ni jitensha de PPB e ikimashita/ Jam 7 berangkat ke PPB dengan sepeda
dst…

Waktu presentasi tentang daily life, orang – orang Jepang heran sebab rata – rata kami tidur larut malam tapi bangun sangat pagi (kurang lebih 5 jam sehari). Sedangkan mereka rata – rata tidur selama 8 hingga 9 jam per hari πŸ˜€ Dan mereka juga sangat heran karena kami punya jadwal nonton TV dan internetan lebih dari 3 jam per hari. Sedangkan jadwal mereka padat dengat aktivitas yang sedang mereka tekuni. Mungkin mereka pikir, orang Indonesia santai banget ya…. Hihihi, malu nih! πŸ˜›

Ah, kelas belajar bahasa Jepang ini sangat berkesan buat saya. Menyenangkan dan menghibur. Tanoshikute, omoshiroi desu πŸ™‚

About norpermatasari

Santai...
This entry was posted in Cerita, Liburan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Nihon-go o benkyoushimashyo!

  1. Dhoni says:

    Watashi mo nihongo o benkyō shitai πŸ™‚

    ada lagi g mb en ? mau juga donk..kabar2 lo y πŸ™‚

  2. yoi omoide ni narimashita ne…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *